KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN BAYAM

 Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Bayam


foto by Google.com/8villages


Apa klasifikasi ilmiah bayam?

Nama ilmiah bayam atau nama latin bayam adalah sipnacia oleracea L. klasifikasi tumbuhan bayam adalah:

KINGDOM : planet 

SUB KINGDOM : viridiplante

INFRA KINGDOM : streptophyta

SUPER DIVISI : Embryophyta

DIVISI : Tracheophyta

SUB DIVISI : Spermatophytina

KELAS : Magnoliopsida

SUPER ORDO : Caryophyllanae

ORDO : Caryophyllales

FAMILI : Amaranthaceae

GENUS : Spinacia L.

SPESIES : Spinacia oleracea L.


Morfologi Tanaman Bayam

1.  morfologi Tanaman Bayam

Akar tanaman bayam untuk berbagai jenis bayam pada umumnya sama, yaitu memiliki sistem perakaran tunggang dengan akar serambut di bagian atasnya. akar tanaman ini akan menembus tanah hingga kedalaman 20 sampai 40 cm bahkan bisa lebih.

2. Morfologi Batang Bayam

Tanaman bayam sangat mudah dikenali, yaitu berupa tanaman perdu yang tumbuh tegak dan batangnya tebal berserat,Tanaman ini memiliki duri. Batang bayam banyak mengandung air dan tumbuh tinggi di atas permukaan tanah. percabangan bayam akan melebar dan tumbuh tunas baru bila dilakukan pemangkasan.

3. Morfologi Daun Bayam 

Daun bayam biasanya berbentuk bulat telur dengan bagian ujung daun agak meruncing, dan urat-urat daunya terlihat jelas. Warna daun bervariasi mulai dari hijau muda, hijau tua, hijau keputih-putihan sampai merah. Panjang daun sekitar 1,5 cm sampai 6 cm dengan lebar daun 0,5 cm hingga 3,2 cm sampai 9 cm.

4. Morfologi Bunga Bayam

Bunga bayam merupakan bunga berkelamin tunggal yang tersusun secara majemuk dan berwarna hijau. Bunganya memiliki 5 mahkota dengan panjang 1,5 sampai 2,5 mm. Bunga jantan mempunyai bentuk bulir, sedangkan bunga betina berbentuk bulat dan terdapat pada ketiak batan. Mahkota terdiri dari daun bunga 3-5 buah, benang sari 1-5 buah, dan bakal buah berjumlah 2-3 buah. Penyebukan bunga ini biasanya dibantu juga oleh angin dan bintang sekitar.

5. Morfologi Buah & Biji Bayam

Buah bayam berbentuk lonjong dan berwarna hijau den panjang sekitar 1,5 mm. Biji bayam berwarna hitam mengkilat dengan panjang antara 0,8 sampai 1 mm. bijinya berukuran kecil dan halus, serta memiliki bentuk yang bulat. Ada beberapa jenis bayam yang terdapat biji berwarna putih atau merah, misalnya bayam maksi.


Hikmah Nurjanah(120020175)



















Posting Komentar

0 Komentar