WISATA CIREBON YANG WAJIB BANGET KALIAN KUNJUNGI!!!

Wisata Cirebon Yang Wajib Banget Kalian Kunjungi

 

1. Wisata Taman Ade Irma Waterland



gambar by google.com/ Dwi Okta/

 


 Wisata Ade Irma waterland ini ternyata sudah ada sejak dulu. Namun sebelum tahun 1996, nama wisata ini dikenal dengan sebutan Taman Traffic Garden Cirebon, Namun sekarang Disebut dengan Ade Irma Waterland. Taman ini merupakan wisata rekreasi yang ada diwilayah Cirebon.

Pada tahun 2014,Wisata ini dikembangkan menjadi Cirebon waterland yang baru dibuka kembali pada tahun 2015 yg lalu. Tempat wisata ini berada di tepi pantai utara kota cirebon, Jawa barat dengan pemandangan yang indah lautnya.

Fasilitas yang ada di Taman Ade Irma : Dianta adalah waterboom,Perahu bebek, Kolam arus, Kolam renang olimpic, air mancur, dan wahana wisata lainya.

Wisata ini banyak sekali pengunjung jadi tidak heran kalo kalian datang kewisata ini.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Ade Irma Waterland 

untuk menikmati taman ade irma Waterland ini kalian akan dikenakan biaya Rp. 15.000,- per orang. Harga yang relatif murah untuk bersantai ditempat yang suasananya tenang dan indah. Jam buka taman wisata ini dari pukul 06.00-16.00 WIB.Bagi yang menginap tentu saja anda bebas keluar masuk kawasan ini. Ketika sore hari, Langit yang tadinya berwarna biru akan berubah menjadinoren, sengingga akan membuat anda betah untuk berlama-lama disini.


2. Wisata Gua Sunyaragi

gambar by/wikipedia.com

Gua Sunyaragi atau Taman Sari Guwa Sunyaragi adalah sebuah gua yang berlokasi dikelurahan Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon dimana terdapat bangunan mirip candi yang diseut Gua sunyaragi, atau Taman Air sunyaragi, atau seriung disebut sebagainTaman sari Sunyaragi. Nama" Sunyaragi " Berasal dari kata "Suya" yang artinya sunyi/sepi dan "Ragi" yang berarti raga, keduanya adalah bahasa sanskerta. yang bertujuan utama didirikannya gua tersebut sebagai tempat beristirahat dan meditasi para sultan Cirebon dan Keluarganya.

Sejarah Pembangungan Gua Sunyaragi

Sejarah berdirinya gua sunyaragi memiliki dua versi, yang pertama adalah berita lisan tentang sejarah berdirinya Gua sunyaragi yang disampaikan secara turun-temurun oleh para bangsawan Cirebon atau keturunan Keraton. Versi tersebut lebih dikenal dengan sebutan versi Carub Kanda. Versi yang ke dua adalah versi caruban Nagari yaitu berdasarkan buu purwaka Garuban Nagari tulisan tangan Pangeran Kararangen atau Pangeran Arya Carbon tahun 1720. Sejarah berdirinya gua Sunyaragi versi caruban Nagari adalah yang digunakan sebagai acuan para pemandu wisata gua Sunyaragi. Menurut versi ini, Gua Sunyaragi didirikan tahun 1703 Masehi oleh Pangeran Kararangen, Cicit Sunan Gunung Jati. Kompleks Sunyaragi lalu beberapa kali mengalami perombakan dan Perbaikan. 

  • latih
  • Gua pengawal sebagai tempat berkumpul para pengawal sultan. 
  • kompleks mande Kemasan (Sebagian hancur). 
  • Gua pandekemasang sebagai tempat membuat senjata tajam. 
  • Gua langse sebagai tempat bersantai. 
  • Gua peteng sebagai tempat nyepi untuk kekebalan tubuh. 
  • Gua arga jumud sebagai tempat orang penting keraton. 
  • Gua padang ati sebagai tempat bersemedi. 
  • Gua kelanggengan sebagai tempat bersemedi agar langgeng abatan. 
  • Gua lawa sebagai tempat khusus kelelawar. 
  • Gua pawon sebagai dapur penyimpanan makanan.

3.Bukit Grongong




gambar by google maps/Adreas Livianto

Bukit gronggong ini berlokasi di patapan, Beber,Cirebon, Jawa Barat. Bukit ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Suasana disana juga sejuk dan segar, sehingga membuat para pengunjung merasa nyaman dan sangat menikmati pemandangan alam.

Apaaa lagi disaat sore hari kalian dapat menyaksikan sunset yang indah. Dan saat malam hari kalian dapat melihat keindahan lampu-lampu kota cirebon dari atas Bukit Gronggong ini.

Jika kalian sedang berkunjung ke Kota Cirebon, Kalian bisa mampir untuk membeli oleh-oleh Dari kota cirebon salah satunya adalah Keripik Bayam.
Kripik bayam yang kita olah ini memilik banyak varian rasa loh, dari varian rasa jagung bakar, balado, Original, dll. banyak sekali manfaat dari Kripik bayam jadi tidak usah ragu untuk membeli kripik bayam yang lezat ini

Itulah beberapa wisata yang ada di Kota Cirebon masih banyak lgi wisata lainnya , Temukan tempat berkesan untuk menghabiskan liburan atau akhir pekan kalian untuk berkunjung Ke kota cirebon. Selamat Berlibur!


Nama: Hikmah Nurjanah(120020175)






Posting Komentar

0 Komentar