MANFAAT DAUN BAYAM

MANFAAT DAUN BAYAM




foto by google.com/Afriza Abdul Rahman



Bayam mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan kuat, sehingga menjadikannya superstar di antara sayuran berdaun hijau. Makanan super itu terbukti bermanfaat bagi kesehatan dalam beberapa cara, mulai dari meningkatkan sistem kekebalan hingga mencegah penyakit jantung dan kanker.

Daun hijau juga merupakan tambahan bagus untuk diet penurunan berat badan, karena sangat rendah kalori. Terlebih lagi, sayuran bergizi dan serbaguna tersebut dapat dikonsumsi mentah atau dimasak.

1. Meningkatkan sistem kekebalan
Ternyata, bayam adalah penguat sistem kekebalan yang tinggi. Tidak hanya karena dikemas dengan vitamin C, tapi sayuran itu juga merupakan sumber antioksidan dan beta karoten yang sangat baik.

2. Membantu menurunkan berat badan
Bayam rendah karbohidrat, tapi tinggi serat larut, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan dengan berbagai cara, termasuk kontrol gula darah yang lebih baik. 

3. Mengontrol tekanan darah
Bayam kaya akan nitrat yang terbukti mengatur tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit jantung. 

4. Meningkatkan hidrasi
Tetap terhidrasi penting untuk menjaga organ tubuh berfungsi baik. Kondisi itu membantu mengatur tubuh, menjaga sendi tetap dilumasi, mengirimkan nutrisi ke sel, mengurangi risiko infeksi, serta meningkatkan kualitas tidur dan suasana hati. 

5. Mendukung kesehatan mata.
Bayam mengandung beberapa senyawa tumbuhan, di antaranya lutein dan zeaxanthin yang dapat menjaga kesehatan mata. 

6. Kesehatan tulang
Bayam diketahui kaya akan berbagai vitamin, termasuk vitamin K.

7. Mencegah anemia defisiensi zat besi
Zat besi merupakan mineral yang penting dalam pembentukansel darah merah.

8. Kesehatan kulit dan rambut
Merangkum dari Medical News Today, bayam memiliki sejumlah besar vitamin A yang berfungsi untuk menyeimbangkan produksi minyak di pori-pori kulit dan rambut.

9. Mencegah kanker
Dilansir dari Healthline, bayam mengandung komponen Monogalactosyldiacylglycerol (MGDG) dan Sulfoquinovosyl diacylglycerol (SQDG).

10. Mencegah asma
Bayam juga diketahui memiliki kandungan beta-karoten yang tinggi. Senyawa ini dapat membantu penderita asma mengurangi gejala yang dialami.

11. Baik bagi penderita diabetes
Bayam mengandung antioksidan yang dikenal sebagai asam alfa-lipoat.


Nama: Hikmah Nurjanah(120020175)




Posting Komentar

0 Komentar